6.4.20

Part 1 - Persiapan Bahasa Jerman




Aupair di Jerman???

(Part 1 - Persiapan Bahasa Jerman)


Hallöchen! Kali ini aku mau share proses apa aja yang sudah aku lalui untuk bisa menjadi Aupair di Jerman, by the way aku Aupair sudah agak lama, sekitar tahun 2017 lalu. Info yang aku bagikan ke kalian ini bakal berguna banget nantinya, so simak dan baca baik-baik ya....

Step yang pertama adalah "Persiapan bahasa Jerman"

Sebelum kamu cari Gastfamilie atau buat Termin di Kedubes Jerman Jakarta, please banget tingkatkan dulu kemampuan bahasa Jerman kamu! Jujur aja, bisa dibilang kalau kesalahan terbesar para calon Aupair yang aku lihat itu ada di tahap awal ini. Banyak orang yang kebelet cari Gastfamilie dan akhirnya gagal karena tidak lulus tes bahasa Jermannya, sedangkan sertifikat Goethe A1 itu salah satu syarat terpenting dalam pembuatan visa.

So... buat kamu yang belum "matang" bahasa Jermannya, please slow down! Bahasa Jerman itu tidak gampang lho. Saran aku, minimal kamu harus menguasai materi A1 sampai minimal 60-70 %, baru kamu bisa mulai cari-cari Gastfamilie.

Di Indonesia, lebih tepatnya di Bandung, ada beberapa tempat kursus yang bisa kamu pilih, salah satunya Pusat Bahasa ITB. Tempat ini buat aku recommended sekali karena untuk A1 hanya dibagi menjadi dua level yaitu A.1.1 dan A.1.2, per level kamu bisa selesaikan dalam waktu sekitar 2-3 bulan, dan minimal pendaftaran 8-10 orang. Harganya pun cukup terjangkau dan sebanding dengan kualitas yang diberikan. Untuk infonya kamu bisa cek website http://www.lc.itb.ac.id/#/ 

Dulu aku kursus disini hanya sampai A.1.1 karena untuk lanjut ke level selanjutnya hanya ada 6 orang yang mendaftar, jadi kelas dibatalkan. Akhirnya, aku kontak twitter dan email himpunan mahasiswa sastra Jerman UPI dan UNPAD untuk mencari orang yang mau mengajari aku bahasa Jerman secara privat. Puji syukur ada satu orang cewek yang mau aku jadikan guru privat. Waktu itu aku menghabiskan waktu sekitar 4 bulan untuk belajar bahasa jerman dari nol.

Buku yang aku pakai waktu itu adalah buku Studio D A1, bisa dibeli di toko buku Lentera Abadi Braga untuk yang di Bandung, atau bisa dibeli online di Tokopedia, Shopee, dsb. Harganya sekitar 250.000 rupiah (tahun 2017) untuk satu paket, yang isinya buku materi, buku latihan, dan CD untuk listening. Kalau kamu belajar yang rajin dan isi semua latihan di buku ini dan rajin mengerjakan contoh soal ujian A1 Goethe, aku jamin kamu pasti lulus tes ujian A1.


buku Studio D A1

Setelah kamu cukup yakin dengan kemampuan bahasa jerman kamu, kamu bisa daftar tes ujian A1 di Goethe Institut (Bandung, Jakarta, atau Surabaya). Kenapa?? Karena biayanya mahal, jadi please jangan buang-buang uang kamu kalau kamu belum siap. Apalagi kalau biayanya dari uang pribadi dan orangtua kamu bukan dari orang berada.

Sekian info Aupair di Jerman Part 1 - Persiapan Bahasa Jerman, untuk part keduanya ada di post selanjutnya ya!

* kamu juga bisa download materi bahasa Jerman dari web ini https://www.deutschkurse-passau.de/JM/index.php?option=com_content&view=article&id=34&Itemid=165

No comments:

Post a Comment