6.4.20

Part 2 - Mencari Gastfamilie

Aupair di Jerman???
(Part 2 -Mencari Gastfamilie)


Hallöchen! Kali ini aku mau share proses apa aja yang sudah aku lalui untuk bisa menjadi Aupair di Jerman, by the way aku Aupair sudah agak lama, sekitar tahun 2017 lalu. Info yang aku bagikan ke kalian ini bakal berguna banget nantinya, so simak dan baca baik-baik ya....

Step yang kedua adalah "Mencari Gastfamilie"

Kalau kamu sudah membaca dan mengerti post aku yang pertama tentang Aupair dan sudah membaca post "Part 1 - Persiapan bahasa Jerman", dan yang terpenting kamu sudah yakin dengan kemampuan bahasa Jerman kamu dan ujian Goethe A1 sudah di depan mata, berarti kamu siap untuk ada di tahap selanjutnya, yaitu mencari Gastfamilie!

Kamu bisa mencari Gasfamilie melalui beberapa website aupair seperti aupairworld.com dan aupair.com. Atau grup Facebook Aupair juga bisa menjadi pilihan, kamu juga bisa gabung di grup AFA Germany yang isinya perkumpulan orang Indonesia yang sedang Aupair, FSJ, atau Ausbildung di Jerman.

Carilah Gastfamilie yang cocok dengan kamu dan pastikan juga kalau mereka sreg dengan kamu, karena kamu akan tinggal bersama mereka selama maksimal satu tahun. Jadi janganlah buru-buru atau punya pikiran yang penting dapat Gastfamilie. Karena untuk pindah pun tidak mudah dan stressful. Kenali lah mereka baik-baik, ajaklah mereka untuk video call melalui Skype agar kita bisa mengenal mereka lebih dalam.

Pastikan kalian sudah membicarakan tentang hak dan kewajiban Aupair, apa tugas kamu, berapa jam kamu bekerja, uang saku, uang kursus, dan lain-lain. Kamu juga harus memperhatikan dimana mereka tinggal, di desa, kota kecil, atau kah kota besar. Ini penting! Kenapa? Karena penting sekali buat kamu yang mau FSJ, Ausbildung, atau pun kuliah untuk belajar bahasa Jerman lebih dalam. 

Kamu harus sadar desa di Jerman, bisa lah sangat terpencil dan jauh dari mana pun, apalagi sekolah bahasa. Kota kecil pun terkadang tidak memiliki sekolah bahasa yang "proper", mungkin hanya ada Volkshochschule (tidak aku rekomendasikan) yang menyediakan kursus seminggu sekali. So, pastikan rumah Gastfamilie kamu mempunyai koneksi ke sekolah bahasa yang bagus. Tempat terbaik tentu saja kalau Gastfamilie kamu tinggal di kota besar seperti Berlin, Hamburg, Frankfurt am Main, Cologne, Duesseldorf, Munich, Stuttgart, dsb.

Idealnya kamu kursus bahasa pada malam hari di saat Gastfamilie kamu sudah di rumah, sehingga kamu tidak meninggalkan kewajiban kamu sebagai Aupair. Aku dulu ikut kursus malam dari jam 19.00-21.00, dua kali hingga tiga kali seminggu. Dan selama satu tahun Aupair, aku berhasil kursus A2 dan B1.

Perhatikan juga tentang transportasi publik disana, apakah sekolah atau kindergarten anak Gastfamilie bisa dijangkau dengan jalan kaki, sepeda, atau bus. Kalau kamu harus bepergian dengan kereta atau bus ke sekolah mereka, diskusikanlah tentang tiket bulanan transportasi publik ke Gasfamilie sehingga kamu pun bisa menggunakan tiket ini untuk bepergian ke sekolah bahasa.

Setelah kamu cocok dengan salah satu Gastfamilie, dan mereka pun cocok dengan kamu, mintalah mereka untuk mengirimkan kontrak Aupair serta bukti pendaftaran asuransi ke kamu. Kalau Gasfamilie kamu masih baru dan belum mengerti tentang dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa bantu mereka. Kontrak aupair bisa di download di web aupairworld.com, sedangkan asuransi bisa mereka daftarkan secara online (dulu aku pakai "dr Walter"). Jangan lupa juga agar mereka mengirimkan kamu copy dari Meldebestaetigung mereka. Ketiga dokumen ini adalah syarat dari pembuatan visa di Kedubes Jerman di Jakarta. Dokumen kontrak Aupair harus sudah ditandatangani Gastfamilie kamau dan harus original ya! Jadi mereka harus mengirimkan semua dokumen tersebut melalui post dan bukan email. Pastikan mereka menuliskan identitas kamu dan mereka juga pastinya dengan benar. Kamu bisa mulai mencari termin/janji di Kedubes Jerman, karena dokumen dari Gastfamilie akan tiba di kamu sekitar 2-4 minggu, perhitungkanlah waktu termin kedubes dengan cermat! Jangan lupa kamu juga sudah harus mendapatkan sertifikat A1 dari Goethe Institut pada saat itu dengan nilai yang cukup!


Sekian info Aupair di Jerman Part 2 - Mencari Gastfamilie, untuk part ketiganya ada di post selanjutnya ya!

No comments:

Post a Comment